Cara menulis aksara jawa hanacaraka di android

Cara pasang keboard aksara Jawa unicode pada hp android.
Aksara jawa android
Agar hp android tidak buta aksara nusantara memang tidak mudah, karena perlu cara yang boleh di bilang ribet. Mari kita mulai dengan cara saya gan. Cara ini berlaku untuk semua hp android (yang sudah berhasil di root) apa itu root? Kenapa hp harus di root??? Silahkan agan tanya mbah google, karena saya juga tidak bisa menjelaskannya.😁😁😂😂😂 Dan sebenarnya ada beberapa merek hape android yang bisa pasang aksara jawa tanpa harus di root, dan tidak perlu ribet, Untuk panduan pasang aksara jawa pada hp yang tidak harus rooting terlebih dahulu ya itu pada hp Samsung dan Oppo bisa lihat panduannya di sini.

Baca Juga Panduan pasang aksara jawa di hp samsung
di kedua hp tersebut cuma membutuhkan 2 (dua) file.apk , tidak sepeti cara yang saya uraikan ini. Cara ini membutuhkan 4 (empat) file.apk/aplikasi.
  1. Aplikasi KingRoot.
  2. Aksara nusantara.
  3. Aplikasi iFont.
  4. Aplikasi Multiling O Keyboard.
aksarajawa1 Kenapa harus banyak aplikasi? Karena kebanyakan merek hp android tidak dilengkapi pengaturan ganti font, jadi kalau mau mengganti font bawaan harus pakai cara cara tertentu, ya itu hp harus di root. Untuk 4 file yang di butuhkan bisa download di sini.
  1. KingRoot.apk
  2. Aksara Jawa.apk
  3. iFont donate.apk
  4. Multiling O keyboard.apk
4 aplikasi di atas harus terinstal di perangkat. Jika ada masalah instal apk.
Baca Juga Cara instal apk non-play store
Selanjutnya proses rooting hp agan, Pertama tama agan buka aplikasi KingRoot.kingroot-4.8-picsay tampilan seperti ini, usap naik layar hp agan sampai muncul gambar gembok seperti pada gambar yang di sebelah kiri, maaf saya gabung.😁😁😁😁😁.aksarajawa5 lalu klik button biru bawah. Dan akan seperti gambar sebelah kanan, tunggu sampai 100% jika berhenti sebelum 100%, ulangi beberapa kali maksimal 5x sampai berhasil mencapai 100%. Jika sudah 5x tidak berhasil seperti ini.aksarajawa6 saya sarankan stop saja, cari aplikasi root yang lain atau cara root yang lain. Jika sudah berhasil silahkan keluar dari aplikasi KingRoot. Dan lanjutkan instal Aksara nusantara.apk Aksara nusantara walau sudah terinstal tidak akan kelihatan di di menu aplikasi.(tapi harus terinstal) Lanjut instal aplikasi iFont dan buka aplikasinya. aksarajawa2 urut kan dari nomer 1 (satu)
  1. Klik my
  2. Klik My instal
  3. Klik Aksara nusantara
  4. Klik Aplikasi
  5. Klik Ok.
kecuali hp samsung hp akan restart tunggu hidup lagi. Selanjutnya instal Aplikasi Multiling O keyboard dan buka aplikasinya. aksarajawa3 Klik nomor 1 dan 2 pilih Multiling O Keyboard.lanjutkan klik test. aksarajawa4 sentuh tahan spasi sambil di geser naik, arahkan dan stop di tulisan Languages, lanjut klik Nomer 6 (enam) lanjut klik Basa Jawa ꦨꦰꦗꦮ꧉. Untuk cara memunculkan aksara pasanan harus di beri (꧀) contoh menulis ꦄꦏ꧀ꦰꦫꦗꦮ꧉ cara pengetikan ꦄ+ꦏ+꧀+ꦰ+ꦫ+ꦗ+ꦮ꧉ Selesai. Selamat hp anda sudah tidak buta aksara nusantara. Untuk bahasa lokal yang lain tinggal pilih saja. NB:aksara jawa akan maksimal di OS android 4.2 ke atas, jika di OS 4.2 kebawah aksara pasangan tidak muncul
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Anonim
25 November 2019 pukul 14.34 ×

Aplikasi aksara jawanya ada yang versi terbaru kah?

Selamat Anonim dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin

Out Of Topic Show KonversiHide Konversi Show EmoticonHide Emoticon

Tuliskan Latin di kolom bawah ini
Komentar dengan Facebook